Jakarta Selatan, 3 Januari 2025 – Ar Ridho Smart System Islamic School (ASSIS) menggelar acara sosialisasi yang penuh antusiasme dengan melibatkan guru, orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Raudhatul Athfal (RA) Ar Ridho Islamic School Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Ar Ridho Smart System (ASS), sistem pendidikan berbasis teknologi cerdas yang mengintegrasikan aspek akademik dan pembentukan karakter, sekaligus mempererat komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung perkembangan siswa.

Acara sosialisasi ini menghadirkan Nurhasan Nugroho, ST., M.Kom., MCE., MTA, seorang ahli teknologi pendidikan, serta Abdul Syakur, S.Pd.I, Kepala Sekolah Ar Ridho Smart System Islamic School, dan Adly Ridho Amrinsyah, S.Pd, Ketua Yayasan Ar Ridho sebagai pembicara utama. Mereka berbagi wawasan mengenai visi pendidikan berbasis teknologi dan kolaborasi yang erat antara guru, orang tua, dan siswa dalam mencetak generasi yang unggul dalam berbagai aspek.
Pentingnya Kolaborasi antara Guru dan Orang Tua
Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Abdul Syakur, S.Pd.I, yang mengingatkan bahwa pendidikan yang berkualitas harus didukung oleh kerjasama yang solid antara guru dan orang tua. Menurutnya, peran orang tua sangat vital dalam membimbing anak-anak di luar sekolah agar nilai-nilai yang diajarkan di dalam kelas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


“Kami di Ar Ridho selalu berusaha untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak. Namun, itu semua tidak akan maksimal tanpa adanya dukungan penuh dari orang tua di rumah. Untuk itu, kami mengundang orang tua untuk ikut terlibat dalam proses pendidikan ini, agar kita bisa bekerja bersama untuk mencetak generasi yang tidak hanya pintar, tetapi juga berakhlak mulia,” ujar Abdul Syakur.
Ar Ridho Smart System: Teknologi untuk Pendidikan yang Lebih Baik
Pada sesi berikutnya, Nurhasan Nugroho, ST., M.Kom., MCE., MTA, menjelaskan dengan rinci mengenai Ar Ridho Smart System (ASS), sebuah inovasi dalam dunia pendidikan yang menggabungkan teknologi dengan prinsip pendidikan Islam. Menurut Nurhasan, teknologi dalam pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai medium yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.
“Di ASS, kami memanfaatkan berbagai aplikasi dan platform digital yang dapat membantu siswa untuk belajar secara lebih mandiri dan fleksibel. Sistem ini mempermudah siswa dalam mengakses materi, menyelesaikan tugas, dan berinteraksi dengan guru maupun teman-teman. Tetapi, yang terpenting, teknologi ini tetap digunakan untuk mendukung pengembangan karakter siswa, agar mereka tidak hanya menjadi cerdas, tetapi juga memiliki akhlak yang baik,” jelas Nurhasan Nugroho.
Pendidikan Karakter di Era Digital
Selain teknologi, sosialisasi ini juga menyoroti pentingnya pendidikan karakter. Abdul Syakur menekankan bahwa pendidikan di Ar Ridho Smart System Islamic School tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga membentuk siswa yang memiliki karakter yang kuat. Siswa di Ar Ridho dilatih untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia, jujur, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama.
“Pendidikan karakter menjadi salah satu pilar utama kami. Kami ingin anak-anak tidak hanya cerdas dalam hal ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki moralitas dan kepribadian yang baik. Karakter yang kuat akan menjadi bekal mereka untuk sukses di dunia dan akhirat,” tambah Abdul Syakur.
Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran
Dalam kesempatan yang sangat interaktif ini, orang tua diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para narasumber tentang bagaimana mereka dapat mendukung anak-anak mereka dalam proses belajar di rumah. Adly Ridho Amrinsyah, S.Pd, sebagai Ketua Yayasan Ar Ridho, mengingatkan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan positif di rumah.
“Orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak mereka. Kami di Ar Ridho mengajak orang tua untuk lebih aktif dalam memantau perkembangan akademik dan moral anak-anak. Kami juga menyediakan berbagai platform untuk memudahkan orang tua dalam berkomunikasi dengan pihak sekolah dan mengikuti perkembangan anak-anak mereka,” ujar Adly Ridho Amrinsyah.
Mencetak Generasi Berprestasi dan Berkarakter
Sosialisasi ini juga meng-highlight berbagai prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi Ar Ridho Islamic School, baik dalam bidang akademik, seni, olahraga, maupun lomba-lomba tingkat kota dan nasional. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan di Ar Ridho tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada pengembangan minat dan bakat siswa.
“Saya merasa sangat bangga dengan apa yang telah dicapai anak-anak kami. Tidak hanya mereka unggul dalam pelajaran, tetapi juga menunjukkan prestasi luar biasa di berbagai bidang. Ini adalah hasil dari kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak,” ungkap Bapak Hadi, salah satu orang tua siswa MI Ar Ridho.
Harapan untuk Generasi Masa Depan
Sosialisasi ini diakhiri dengan harapan besar dari pihak sekolah dan yayasan untuk terus mengembangkan sistem pendidikan yang inovatif dan berkarakter, dengan melibatkan semua pihak dalam mendukung visi pendidikan Ar Ridho Smart System Islamic School.
“Kami berkomitmen untuk terus mencetak generasi yang tidak hanya pintar, tetapi juga berkarakter. Dengan dukungan orang tua dan kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua, saya yakin kita dapat menciptakan lingkungan yang positif bagi perkembangan anak-anak,” tutup Abdul Syakur.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan hubungan antara sekolah dan orang tua semakin erat, dan semua pihak dapat bekerja bersama untuk mewujudkan visi pendidikan yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan zaman. Ar Ridho Smart System Islamic School tetap berkomitmen untuk mencetak generasi yang berprestasi, berbudi pekerti luhur, dan siap menjadi pemimpin masa depan yang bermanfaat bagi masyarakat.